Wednesday , 16 April 2014

Home » Nusantara » Tips » Benda benda yang dapat mengganggu konsentrasi belajar anak

Benda benda yang dapat mengganggu konsentrasi belajar anak



INDORMASI.com – Mungkin agak sedikit menjengkelkan, apabila baru saja mulai belajar, tapi anak sudah mulai memainkan bernda-benda yang berada di sekitarnya. Namun hal tersebut tidak mutlak menjadi kesalahan anak. Sebagai orang tua, kita juga memiliki tanggung jawab untuk mengatur penempatan dan dekorasi isi rumah berserta isinya.

Salah penempatan benda, atau membiarkan sebuah benda berada di rungan belajar anak, dapat menurunkan tingkat konsentrasi belajar pada anak. Dan berikut ini adalah benda-benda yang sebaiknya anda jauhkan pada saat anak belajar.

1. Mainan
Toy’s atau mainan, merupakan sahabat terbaik untuk anak. Bermain merupakan sebuah kegiatan yang sangat mengasyikan. Seorang anak dapat terbawa kedalam imajinasinya masing-masing dan larut dalam kesenangan bermain. Dan oleh sebab itu, perketat pengawasan anda dalam meletakan mainan anak. Sebab hampir bisa dipastikan, anak akan jauh sangat mencintai mainannya, daripada buku pelajarannya.

2. Makanan dan minuman
Saya rasa hampir semua dari kita akan sepakat, akan sangat sulit untuk mengacuhkan makan dan minuman yang berada di dalam jangkauan tangan kita. Menurut para ahli gizi, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti fastfood, goreng-gorengan dan makanan sejenisnya,dapat membuat anak lebih mudah mengantuk dan kehilangan konsentrasi. Disaat seharusnya mata tertuju pada buku, pena dan tugas, anak kita malah sibuk mencari kue di tumpukan toples, atau mengoleskan sambal cabe pada kentang goreng yang ada disebelahnya, atau sibuk mencari bubble dari minuman minuman favoritnya.

Anak Belajar – Getty Images.

Namun bila anak tetap merengek dan memaksa untuk meminta makanan dan minuman tersebut, anda dapat jadi ini sebagai “bargaining position” dengan-nya. Anda dapat membuat perjanjian yang fun sekaligus juga memiliki unsur edukasi.

Ok, bunda akan membelikan kamu makanan dan minuman yang kamu minta, dengan catatan :

  • Selesaikan dulu semua homework mu
  • Bereskan buku-buku peajaranmu setelah belajar
  • Siapkan buku dan tugas yang akan kamu bawa ke sekolah besok
  • Dan bunda akan memberi yang kamu mau. Deal ?

Mengapa demikian?
Karena pada dasarnya anak juga sama seperti orang tua. Kita pun akan lebih semangat bekerja apabila ada program motivasi atau reward yang diberikan oleh perusahaan atas kinerja dan jerih payah kita.

Yang membedakan, anak sudah cukup senang dan bahagia apabila kita memberikan reward makanan dan minuman favorite mereka.

Is it easy ?

Selamat mencoba.

Benda benda yang dapat mengganggu konsentrasi belajar anak Reviewed by on . INDORMASI.com - Mungkin agak sedikit menjengkelkan, apabila baru saja mulai belajar, tapi anak sudah mulai memainkan bernda-benda yang berada di sekitarnya. Nam INDORMASI.com - Mungkin agak sedikit menjengkelkan, apabila baru saja mulai belajar, tapi anak sudah mulai memainkan bernda-benda yang berada di sekitarnya. Nam Rating:
scroll to top